ANALISA KARAKTERISTIK GETARAN TRUK MOLEN BETON COR BERDASARKAN PUTARAN 700, 1000, 1500 (RPM) UNTUK DAERAH HORIZONTAL, AKSIAL DAN VERTIKAL BERDASARKAN TIME DOMAIN
Abstract
Mobil Truk Molen adalah salah satu jenis mesin alat transportasi berat yang sangat populer dipergunakan dikalangan dunia konstruksi di indonesia, baik itu digunakan untuk bangunan di darat maupun bangunan dermaga di lautan. Mobil Truk molen yang digunakan adalah merk Hino dengan kapasitas 4 m3. Pada dasarnya simpangan, kecepatan dan percepatan lebih besar terletak pada mesin dibandingkan landasan. Hal itu disebabkan karena motor yang bekerja terletak didalam mesin dan pernyataan itu semakin akurat berdasarkan hasil pengukuran yang diperoleh. Dari hasil pengukuran diperoleh juga bahwa semakin besar tenaga putaran yang dikeluarkan mobil truck melon, maka semakin besar pula simpangan, kecepatan dan percepatan yang didapatkan. Dengan putaran 1500 rpm diketahui simpangan, kecepatan dan percepatan tertinggi ada pada lahar pengikat tabung molen, dan sebaliknya pada landasan tabung roller karena rpm yang dikeluarkan lebih sedikit. Dari hasil perhitungan amplitudo tersebut didapatkan bahwa hasil pengukuran penggunaan getaran pada saat penelitian diukur dengan menggunakan Vibrometer Handheld 908B pada lahar pengikat tabung molen simpangan tertinggi pada arah horizontal dengan 1500 rpm adalah 0,229 mm pada detik ke-100, kecepatan pada arah horizontal dengan nilai tertinggi 12,05 mm/s pada detik ke 50 dan percepatan arah horizontal dengan nilai tertinggi 369,7 mm/s2 pada detik ke 20 jika dibandingkan dengan arah lainnya. Sesuai standard ISO 10816-3 untuk getaran, maka truck tersebut masuk ke golongan kelas IV Maka dapat dianalisa bahwa getarantruck molen masuk ke kategori “getaran dalam batas toleransi dan hanya dioperasikan dalam waktu terbatas” sebab kecepatan tertinggi diperoleh yaitu 12,05 mm/s arah Horizontal pada detik ke 50.
Collections
- Mesin [232]