PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.A 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menujukkan pengaruh penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X sekolah menengah atas di SMA Negeri 14 Medan. Pemilihan subjek dilakukan dengan metode random sampling sebanyak 65 siswa sebagai responden. Data berupa respons subjek yang diperoleh dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian yang berisi pernyataan dan diukur dengan Skala Likert, serta teknik dokumentasi. Uji persyaratan penelitian yang digunakan yaitu uji normalitasdan uji linearitas. Adapun teknik analisis regresi linear berganda, uji t (pengujian hipotesis secara persial)dan uji f (pengujian hipotesis secara simultan). Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran project based learning (X) secara persial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat belajar (Y) dengan nilai thitung < Ttabel (11,782 < 1,669 ). Hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bawah terdapat pengaruh antara model pembelajaran project based learning (X) terhadap minat belajar (Y). Hal ini terlihat dari nilai Fhitung > Ftabel (138,807 > 2,75) .
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]