“PENGARUH PENERAPAN DISKUSI KELOMPOK DALAM KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2024/2025”
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran diskusi kelompok dalam kurikulum merdeka dengan pembelajaran konvensional atau ceramah pada mata Pelajaran IPS (Mobilitas Sosial) kelas VIII di SMP Negeri 1 Tigapanah. Penelitian ini menggunakan kuantitatif bentuk quasi eksperimen dengan non equivalent control desain. Objek dari penelitian ini sebanyak 62 orang dimana kelas VIII-1 sebgai kelas kontrol dan kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan pretest dan posttest dengan jumlah 20 soal pilihan berganda. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka dapat hasil nilai pretest pada kelas kontrol sebesar 62,90 dan nilai posttest sebesar 74,52 dari nilai ini dapat dilihat bahwa nilai kelas kontrol mengalami peningkatan dengan selisih 11,62 tanpa pembelajaran diskusi kelompok. Pada nilai pretest kelas eksperimen sebesar 75,82 dan nilai posttest sebesar 90,00 dari nilai ini dapat dilihat adanya peningkatan pada kelas eksperimen antara pretest dengan posttest dengan selisih sebesar 14,18 menggunakan pembelajaran diskusi kelompok. Pada hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,4745 berada pada rentang nilai 0,3≤ G ≤ 0,7 yang artinya termasuk dalam kategori sedang, dapat disimpulkan bahwa penggunaan diskusi kelompok pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Tigapanah termasuk sedang.
Collections
- Pendidikan Ekonomi [277]