• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN PERSEPSI TIPE POLA ASUH ORANG TUA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA SISWA SMA DI KOTA MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    JESIKA YOLAN SINAGA.pdf (313.1Kb)
    Date
    2024-10-25
    Author
    SINAGA, JESIKA YOLAN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kegiatan belajar, siswa diharapkan mampu menjalankan segala bentuk tuntutan akademik dengan baik. Penerapan pola asuh orang tua dapat mempengaruhi kebiasaan belajar siswa baik di rumah maupun di sekolah. Hal ini didasarkan apakah pola asuh yang diberikan akan berdampak pada resiliensi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh orang tua dengan resiliensi akademik pada siswa SMA di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini berjumlah 147 siswa SMA kelas XI dan XII yang berada di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan uji kolerasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pola asuh orang tua otoritarian, otoritatif dan permisif dengan resiliensi akademik siswa (P value = 0.000), serta menunjukkan koefisien kolerasi sebesar 0.378 dengan arah hubungan positif antara tipe pola asuh otoritatif dan permisif terhdap resiliensi akademik, dan koefisien kolerasi sebesar -0.073 menunjukkan hubungan yang negatif antara tipe pola asuh otoritatian dengan resiliensi akademik.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11397
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback