• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS JENIS DAN POLA KOLOKASI BAHASA INDONESIA SERTA PENGGUNAAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

    Thumbnail
    View/Open
    MINDELA FRIDA PANGGABEAN.pdf (276.0Kb)
    Date
    2024-10-24
    Author
    PANGGABEAN, MINDELA FRIDA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian tentang kolokasi bahasa Indonesia sangat terbatas dalam hal ini, dilakukan penelitian kolokasi bahasa Indonesia yang terdapat pada buku teks kelas (X) Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia (2021). Pada penelitian ini digunakan metode deskriptif dengan data penelitian berupa kolokasi bahasa Indonesia pada buku teks pembelajaran bahasa Indonesia yang diperoleh dengan teknik analisis dan simak. Sumber datanya adalah buku teks kelas (X) Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia (2021). Pada penelitian ini berhasil dipetakan 25 pola kolokasi leksikal bahasa Indonesia dan 5 pola kolokasi gramatikal bahasa Indonesia sehingga dapat disimpulkan bahwa pola kolokasi leksikal dan kolokasi gramatikal bahasa Indonesia sangat beragam. Pada kolokasi leksikal bahasa Indonesia pola nomina+nomina dan nomina+adjektiva sangat mendominasi, sedangkan pada kolokasi gramatikal sama-sama mendominasi antar pola lainnya.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11375
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback