• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Ekonomi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS PERBANDINGAN PEMBELAJARAN INDIVIDU DENGAN PEMBELAJARAN BERKELOMPOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMP N 1 BORBOR

    Thumbnail
    View/Open
    DEVI MELATI WINARTI HUTAPEA.pdf (421.0Kb)
    Date
    2024-10-16
    Author
    HUTAPEA, DEVI MELATI WINARTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perbandingan pembelajaran individu dengan pembelajaran berkelompok melalui model pembelajaran kontekstual mata pelajaran ekonomi terhadap hasil belajar di SMP N 1 Borbor pada materi macam – macam kebutuhan manusia dan alat pemenuhanya dengan sampel siswa sebanyak 60 orang. Metode penelitian pada penelitian ini digunakan dengan metode kuantitatif dengan menggunakan regresi perantara adalah suatu penelitian yang bertujuan menjelaskan hubungan antara suatu variabel dengan variabel yang lain. Penelitian ini dilakukan dengan cara pembelajaran berkelompok dan pembelajaran individu dengan diberikanya perlakuan yang sama yaitu menggunakan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar. Nilai siswa pada pembelajaran individu melalui pembelajaran kontekstual memiliki nilai rata – rata 78,7586 dengan standart deviasi 6,836 dan pembelajaran berkelompok melalui model pembelajaran kontekstual memiliki nilai rata – rata 88,6667 dengan standart deviasi 5,467. Berdasarkan hasil perhitungan hipotesis uji t dua pihak untuk α = 0,05 dan dk=60 diperoleh thitung = -8,063 dan ttabel = 0,67874. Maka thitung < ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara variabel X1 ( pemebelajaran individu melalui model pembelajaran kontekstual) X2 ( pembelajaran berkelompok melalui pembelajaran kontekstual). Seperti penelitian yang dilakukan oleh Suhprihtin Siti, dkk pengaruh pembelajaran ekonomi dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari kemampuan awal siswa.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11311
    Collections
    • Pendidikan Ekonomi [281]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback