dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh praktek pengalaman lapangan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa fkip pendidikan ekonomi universitas HKBP Nommensen Medan yang telah mengikuti praktek pengalaman lapangantahun 2020 pada dasarnya ditujukan pada pembentukan sikap ,kepribadian, moral,dan karakter maupun etika profesi pendidik dan tenaga pendidik serta mempengaruhi minat menjadi guru pada diri mahasiswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif .
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa peserta ppl 2020 pendidikan ekonomi yang berjumlah 17 orang .Pada penelitian ini samplenya berjumlah 17 orang dengan menggunakan Teknik Non Probability Sampling dengan Sampling Jenuh (Sensus). Instrument yang digunakan adalah angket dan dokumentasi .sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesisnya menggunakan analisi regresi linier sederhana .
Hasil uji regresi sederhana menunjukkan koefisien regresi praktek pengalaman lapangan sebesar 0,945 dengan konstanta regresi konstanta sebesar 2,243. Artinya peningkatan praktek pengalaman lapangan 1% meningkatkan minat menjadi guru sebesar 0,941.Pada t hitung adalah 6.756 dengan Sig = 0,000. Dengan mengacu pada Ftabel pada derajat kebebasan (df) = n-k = 17-2 = 15, yang setara dengan 1.75305. Oleh karena itu, nilai thitung > ttabel (6.756 > 1.75305), dan pada tingkat signifikansi (α= 0,05), yaitu (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa regresi tersebut signifikan secara statistik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa praktek pengalaman lapangan memiliki pengaruh terhadap minat menjadi guru. | en_US |