• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER (PUG) BIDANG PENDIDIKAN

    Thumbnail
    View/Open
    NOVITASARI HAREFA.pdf (261.8Kb)
    Date
    2024-10-15
    Author
    HAREFA, NOVITASARI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bias gender, stereotip dan perbedaaan akses yang dimiliki oleh laki-laki dan perempuan sering kali menjadi perhatian serius dalam berbagai aspek pembangunan termasuk dalam pendidikan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan sebagai penyelenggara pendidikan bertanggung jawab dalam penerapan Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG) bidang pendidikan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan tentang “apa program yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan dalam implementasi kebijakan PUG bidang pendidikan dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan PUG bidang pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan dan SMP Negeri 37 Kota Medan”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana SMP Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan dan Kepala Sekolah SMP Negeri 37 Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis John W. Creswell, (2015). Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan dan SMP Negeri 37 Kota Medan telah mengimplementasikan kebijakan PUG bidang pendidikan melalui program pembentukan sekolah ramah anak, pemisahan ruang sanitasi (toilet) siswa laki-laki dengan perempuan dan program sosialisi. Komunikasi kebijakan, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi semuanya dikelola dengan baik. Komitmen dari semua pihak yang terlibat mendukung pelaksanaan kebijakan. Akan tetapi, sarana prasarana yang belum sepenuhnya terpenuhi dan orang tua yang belum sepenuhnya mendukung program sekolah menjadi hambatan dalam implementasi kebijakan PUG bidang pendidikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara kelembagaan implementasi kebijakan PUG bidang pendidikan telah terlaksana melalui program yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan. Namun, sarana prasarana yang masih belum terpenuhi 100% dan masih kurangnya dukungan orang tua terhadap program yang dilaksanakan di sekolah, menyebabkan implementasi kebijakan PUG bidang pendidikan di SMP Negeri 37 Kota Medan masih belum bisa terlaksana secara optimal.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11293
    Collections
    • Ilmu Administrasi Negara [272]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback