PENERAPAN SIPD (SISTEM INFORMASI PEMERINTAH DAERAH) DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN PADA KANTOR DPRD KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah) dalam pengelolaan keuangan DPRD Kota Medan sistem yang dirancang untuk mendukung pengelolaan informasi dan data di pemerintah daerah. Permasalahannya antara lain masih dibutuhkannya pelatihan untuk pengoperasian SIPD karena pegawai belum pernah diberikan pelatihan khusus terkait input dan pengoperasian SIPD sehingga menyulitkan para pelaksana teknis ketika input belanja maupun kode rekening belanja terkait dengan program/kegiatan/sub kegiatan yang ada pada perangkat daerah masing- masing, harga satuan tertinggi dan kode rekening pada e-komponen yang masih perlu penyempurnaan dan pemutakhiran, hal- hal yang kerap kali terjadi, server down, jaringan yang lambat, aplikasi yang eror, serta menu sistem yang belum dapat digunakan.
Data yang diperoleh berupa data primer berupa Observasi dan Wawancara dan data sekunder yang meliputi laporan neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan operasional dan laporan realisasi pendapatandan belanja daerah DPRD Kota Medan.
Fokus penelitian ini adalah proses penyusunan APBD Tahun Anggaran 2022 terjadi kendala sistem yang tidak dapat diakses selama dua hari, belum jelasnya model penyusunan anggaran pada SIPD dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan pendekatan kualitatif.
Kata kunci: SIPD (Sistem Informasi Pemerintah Daerah), Perencanaan dan Penganggaran Laporan Keuangan, laporan neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan operasional, dan laporan realisasi pendapatan belanja daerah.
Collections
- Akuntansi [1723]