PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO UNDERPRICE SKINCARE MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan pembelian pada Toko Underprice Skincare Medan baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiasif dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yaitu pelanggan Toko Underprice Skincare Medan dan sampel 96 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian pada toko underprice skincare medan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji secara parsial (uji t) dengan nilai thitung variabel kualitas produk (X1) lebih besar dari nilai ttabel (6,454 > 1,985) dengan Tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Nilai thitung variabel kualitas pelayanan (X2) lebih besar dari ttabel (7,253 > 1,985) dengan tingkat signifikan 0,00 < 0,05. Secara simultan (uji F) di dapatkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian, hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (29,493 > 3,09) dengan Tingkat signifikan 0,000 < 0,05 . koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,388 artinya keputusan pembelian konsumen (variabel terikat) dapat dijelaskan oleh variabel faktor kualitas produk dan kualitas pelayanan, sisanya 61,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti harga,citra merek, lokasi, kepercayaan dan lain sebagainya
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]