• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Psikologi
    • Ilmu Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN KONTROL DIRI DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA SMP DI KOTA MEDAN

    Thumbnail
    View/Open
    NENGCI CIENCI MARIOLIN BR. BUTAR-BUTAR.pdf (389.8Kb)
    Date
    2024-10-04
    Author
    BR. BUTAR-BUTAR, NENGCI CIENCI MARIOLIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kontrol diri memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari bagi setiap individu agar terhindar dari perilaku-perilaku negatif yang dapat menghambat proses belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kontrol Diri Dengan Disiplin Belajar Siswa SMP Di Kota Medan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu accidental sampling, yang berdasarkan faktor spontanitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala psikologi sebagai alat ukur untuk mengungkapkan aspek-aspek psikologis. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Likert. Data penelitian ini diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara Kontrol Diri dengan Disiplin Belajar pada siswa siswi di Kota Medan. sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya semakin tinggi Kontrol Diri maka semakin tinggi pula Disiplin Belajar pada siswa siswi di Kota Medan. Berdasarkan data pengkategorisasian Kontrol Diri siswa siswi di Kota Medan, diketahui bahwa Kontrol Diri dibagi menjadi 3 kategori. Dimana terdapat sebanyak 273 (78,0%) subjek penelitian yang berada pada kategori tinggi, kategori sedang sebanyak 0 orang (0%) kemudian pada kategori rendah sebanyak 77 orang (22,0%). Maka untuk Kontrol Diri siswa siswi di Kota Medan lebih banyak pada kategori tinggi. Dalam hal ini juga Disiplin Belajar lebih banyak berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 301 orang yaitu sebesar (86,0%), kemudian sebanyak 49 orang yaitu sebesar (14,0%) berada pada kategori sedang dan sebanyak 0 orang (0%) berada pada kategori rendah.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/11099
    Collections
    • Ilmu Psikologi [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback