• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Pertanian
    • Agribisnis
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Pertanian
    • Agribisnis
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS PERAN PENYULUH DALAM PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN BAWANG MERAH

    Thumbnail
    View/Open
    STEPANI SIBARANI.pdf (291.1Kb)
    Date
    2024-09-27
    Author
    SIBARANI, STEPANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis hasil produksi, pendapatan usahatani bawang merah pada kelompok tani di Kelurahan Haranggaol. 2) untuk mengetahui sistem pemasaran bawang merah yang ada di Kelurahan Haranggaol. 3) untuk mengetahui peran dari penyuluh dalam peningkatan produksi dan dalam pemasaran usahatani bawang merah kelompok tani di Kelurahan Haranggaol. Dalam Penelitian ini, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diolah dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan daerah penelitian ini dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling), dan penentuan pengambilan sampel dilakukan dengan metode Proportional Sampling, dengan jumlah sampel 30 petani dan 54 populasi petani yang tergabung dalam kelompok tani yang mengusahakan usahatani bawang merah di Kelurahan Haranggaol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata produksi usahatani bawang merah sebanyak 889,33 kg per satu musim tanam dan pendapatan rata-rata petani hasil usahatani bawang merah di Kelurahan Haranggaol, Kecamatan Haranggaol Horisan sebesar Rp. 9.921.420 / dalam satu kali musim tanam. Saluran pemasaran Bawang merah yang ada di Kelurahan Haranggol hanya ada 2 (dua) saluran pemasaran, dimana informasi ini didapat dari penyuluh petani yang ada di Kelurahan Haranggol, petani menjual hasil usahatani ke pedagang pengumpul (agen) dan koperasi yang ada di kelurahan haranggaol. Peran penyuluh dalam produksi dan saluran pemasaran, dari data yang diukur melalui skala guttman dapat dilihat peran penyuluh berperan dalam produksi dengan persentase 81% bahwa peran penyuluh berperan dalam memberikan informasi terkait saprodi baru dan peran penyuluh dalam saluran pemasaran di peroleh persentase 35,33 % yang artinya penyuluh tidak efektif berperan memberikan informasi terkait harga dan pemasaran hasil usahatani petani.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10962
    Collections
    • Agribisnis [270]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback