PENGARUH MOTIVASI KONSUMEN TERHADAP PERILAKU BRAND SWITCHING PADA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA KE SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA MEDAN
Abstract
Ketidakpuasan konsumen juga dapat menjadi faktor pendorong terjadinya Brand Switching. Ketidakpuasan terjadi sebagai respon konsumen terhadap penilaian terhadap ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan awal sebelum pembelian dengan kinerja aktual produk yang dirasakan setelah menggunakan produk yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap perilaku perpindahan merek produk sepeda motor Yamaha ke sepeda motor Honda di kota Medan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 96 responden yang sebelumnya menggunakan produk sepeda motor Yamaha kemudian beralih ke sepeda motor Honda. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan pengolahan data menggunakan software SPSS 24 For Windows. Berdasarkan hasil pengolahan data di atas terlihat bahwa hasil uji t variabel motivasi (X) menunjukkan nilai thitung sebesar 10,875 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan demikian thitung>ttabel (10,875>1,66) dan nilai signifikansi pada taraf α = 5% sebesar 0,000<0,05. Jadi berdasarkan kriteria pengujian hipotesis secara parsial maka hipotesis pertama diterima yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi (X) terhadap Brand Switching (Y).
Collections
- Ilmu Administrasi Niaga [205]