PENGARUH SELF IMAGE TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA PENGGUNA INSTAGRAM DAN TIKTOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Self Image Terhadap Self Disclosure Pada Pengguna Instagram Dan Tiktok. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram dan Tiktok baik itu yang berjenis kelamin laki-laki ataupun perempuan. Dalam perhitungan jumlah sampel penelitian yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya, dengan efek size (r) sebesar 0,206 dengan statistical power sebesar 0,85. Maka setelah dihitung menggunakan softwere G*Power 3.1 maka jumlah minimal dari responden yang diperlukan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 208 orang. Berdasarkan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dengan judul Pengaruh Self Image terhadap Self Disclosure pada pengguna Instagram dan Tiktok. Bahwa dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji hipotesis terkait apakah terdapat pengaruh self image terhadap self disclosure pada pengguna instagram dan tiktok 0,403 < 0,005 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif Self Image terhadap Self Disclosure pada pengguna Instagram dan Tiktok sebesar 0,162 atau 16,2%. Berdasarkan pemaparan data penelitian diatas dapat diketahui bahwa mean empirik Variabel Self Image sebesar 40,38 sedangkan mean hipotetiknya sebesar 42. Adapun mean empirik Self Disclosure sebesar 81,37 sedangkan mean hipotiknya sebesar 55. Oleh karena itu, mean hipotetik Self Image dan Self Disclosure berada dibawah dari mean empirik nya. Apabila mean Empirik lebih kecil dari mean hipotetik artinya Self Image pengguna Instagram dan Tiktok lebih rendah, dan apabila mean empirik lebih besar dari mean hipotetik artinya Self Disclosure tinggi.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]