• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh model (attention, relevance, confidence, satisfaction) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa fase d SMP Adhyaksa Medan T.A 2023/2024.

    Thumbnail
    View/Open
    CHRISTINA VERAWATY MANALU.pdf (337.9Kb)
    Date
    2024-07-04
    Author
    MANALU, CHRISTINA VERAWATY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model arcs (attention, relevance, confidience, satisfaction) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa-siswi fase D SMP Adhyaksa Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian two group posttest only control design. Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang berdasarkan perhitungan angka-angka statistik dalam hasil temuanya. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa-siswi fase D dengan jumlah 60 siswa dan dengan sampel penelitian ini adalah fase D-A berjumlah 30 siswa dan fase D-B berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Setelah dilakukan penelitian di kelas posttest eksperimen dan kontrol menggunakan model arcs (attention, relevance, confidience, satisfaction) dalam menulis teks eksplanasi, diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 49,6 dengan simpangan baku 10,15 dan kelas eksperimen rata-rata 77,46 dengan simpangan baku 9.71. Hasil uji persyaratan data posttest di kelas kontrol dan eksperimen menyatakan sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh Thitung < Ttabel = 0,018 < 0,161. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model arcs (attention, relevance, confidience, satisfaction) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa-siswi fase D SMP Adhyaksa Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10858
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback