PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ICE BREAKING DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PELAJARAN PPKn KELAS VII SMP NEGERI 1 TIGANDERKET Kab.KARO
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan media ice breaking dalam meningkatkan semangat belajar siswa Pelajaran ppkn kelas VII SMP Negeri 1 Tiganderket Kab.Karo Karena penelitian ini berbentuk deskriftif kuantitatif, maka penulis hanya menggambarkan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest dan post tes. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem based learning dengan menggunakan media ice breaking dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,5 dengan standar deviasi 9,44 dan kelas kontrol 63,75 dengan standar deviasi 11,68. Hasil yang diperoleh melalui uji-t satu pihak untuk data posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol untuk α=0,05 diperoleh nilai t hitung = 5,008 dan t tabel=2,026. Dalam hal ini Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil yang sudah di dapatkan maka disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan semangat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tiganderket