• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Niaga
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK OTTY RANTAUPRAPAT

    Thumbnail
    View/Open
    JOHANNES CALVIN HASUGIAN.pdf (276.3Kb)
    Date
    2024-05-15
    Author
    HASUGIAN, JOHANNES CALVIN
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di apotek otty rantauprapat baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif, dengan populasi yang tidak diketahui jumlahnya dan melalui rumus Rao Purba diperoleh jumlah sampel 100 responden. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan uji instrument yang terdiri dari uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang terdiri dari uji-t, uji-F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis regresi linear berganda yang digunakan dalam penelitian ini dapat di rumuskan sebagai berikut: Y = 4.862 + 0,600 X1 + 0,190 X2 + e yang artinya Nilai koefisien konstanta sebesar 4.862 yang berarti jika variabel independen Kualitas Pelayanan (X1) dan Lokasi (X2) adalah nol, maka nilai Keputusan Pembelian sebesar 4.862. Nilai koefisien regresi Kualitas Pelayanan (X1) sebesar 0,600 yang berarti setiap kenaikan variabel (X1) sebesar satu satuan, maka Keputusan Pembelian (Y) mengalami peningkatan sebesar 0,600. Nilai variabel Kualitas Pelayanan (X1) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) bernilai positif, artinya semakin tinggi nilai variabel (X1) maka semakin tinggi nilai variabel Y. Nilai koefisien regresi Lokasi (X2) sebesar 0,190 yang berarti setiap kenaikan variabel X2 sebesar satu satuan, maka Keputusan Pembelian (Y) mengalami peningkatan sebesar 0,190. Nilai variabel Lokasi (X2) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) Bernilai positif, artinya semakin tinggi nilai variabel X2, maka semakin tinggi nilai variabel Y. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t-hitung variabel kualitas pelayanan (X1) sebesar 8,097 dimana nilai tersebut > t-tabel yaitu sebesar 1.985. nilai t-tabel sebesar 1.985 dan nilai signifikansi variabel kualitas pelayanan (X1) adalah 0,00<0,05 maka H0 ditolak H1 diterima artinya, kualitas pelayanan (X1) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan pembelian (Y) pada Apotek Otty Rantauprapat. Uji t pada lokasi diperoleh nilai t-hitung variabel Lokasi (X2) sebesar 2,455 dimana nilai tersebut > t-tabel yaitu sebesar 1.985 Dan nilai signifikansi variabel Lokasi (X2) adalah 0,00 < 0,05 . Maka H0 ditolak H1 diterima artinya, Lokasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Apotek Otty di Rantauprapat. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square yaitu sebesar 0,552, artinya kualitas pelayanan dan lokasi berpengaruh sebesar 55% sedangkan sisanya 45 % dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari penelitian ini
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10524
    Collections
    • Ilmu Administrasi Niaga [229]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback