• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis RPP Kurikulum 2013 Dengan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Kelas VII Di SMP Adhyaksa Medan

    Thumbnail
    View/Open
    FLORENTINA BR. MANURUNG.pdf (401.7Kb)
    Date
    2024-05-14
    Author
    BR. MANURUNG, FLORENTINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk memberi deskripsi data tentang perbedaan isi antara RPP Kurikulum 2013 dengan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII di SMP Adhyaksa Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dilakukan dengan cara menganalisis kata – kata atau teks yang ada pada objek yang akan diteliti. Setelah melakukan analisis terhadap RPP kurikulum 2013 dan Modul Ajar kurikulum merdeka tersebut, diperoleh perbedaan antar keduanya. Perbedaan tersebut mencakup beberapa aspek, termasuk identitas, komponen awal, profil pelajar Pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, model pembelajaran, asesmen, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, pengayaan dan remedial, bahan bacaan pendidik dan peserta didik, glosarium, dan daftar pustaka. Modul Ajar Kurikulum Merdeka menekankan pengakuan terhadap kontribusi intelektual penyusun materi pembelajaran, transparansi, pengakuan atas perubahan dalam pendekatan pembelajaran, pendalaman pemahaman peserta didik, dan keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Perubahan tersebut didasari oleh kebijakan pemerintah yang menghadapi tantangan pendidikan terkini, seperti adaptasi selama pandemi COVID-19 dan penyesuaian dengan standar kompetensi yang diperbarui. Adanya perbedaan ini menunjukkan evolusi dalam pendekatan dan prioritas dalam penyusunan materi pembelajaran, serta upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/10519
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback