IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU SMA NEGERI 2 DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini untuk mengkaji mengenai Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru SMA Negeri 2 Kota Medan. Sekolah ini berada diurutan yang jauh dari Rangking Nasional UTBK (2021) dari SMA Negeri 2 Kota Medan yang sebagai salah satu sekolah favorit di Kota Medan yang juga telah melaksanakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan maksud ingin memproleh gambaran secara sistematis faktual dan akurat menegenai Implementasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru SMA Negeri 2 Kota Medan. yaitu salah satu faktor lain yang paling krusial adalah Ketepatan peraturan dan prosedur menjadi kunci untuk menilai sejauh mana implementasi kebijakan dapat berjalan dengan efektif dan adil dalam menentukan pelaksanana penerimaan peserta diidk baru. Namun kenyataan dilapangan, terdapat ketidaktepatan peraturan dan prosedur dari kebijakan sistem zonasi yang menyebabkan menurun nya kualitas peserta didik yang masih dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Dalam kesimpulan, implementasi kebijakan sistem zonasi di SMA Negeri 2 Kota Medan menunjukkan adanya pemahaman yang baik dari sekolah dan peserta didik. Namun, tantangan masih terjadi terutama terkait standar pelaksanaan dan ketepatan peraturan. Perlu adanya upaya untuk terus meningkatkan kualitas implementasi, memperbaiki ketidaksesuaian peraturan, dan memastikan bahwa sistem zonasi dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Collections
- Ilmu Administrasi Negara [269]