Model PembelajaranKooperatifTipeRole PlayingDalamMenulisNaskah Drama olehSiswaKelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaiTahunPembelajaran 2017/2018
Abstract
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajarankooperatiftipeRole Playingterhadapkemampuanmenulisnaskah drama padasiswakelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaiTahunPembelajaran 2017/2018.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaisebanyak 212 orang. Adapunpersentasesampeldiambilsebanyak 16,5% darijumlahkesuluruhansiswayaitu 35 orang, yang diambilsecarapurposive sampling. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendengandesainone group pre-test – post-testdesign.
Sebuahinstrumendigunakansebagaialatukurdalampenelitianini. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtesunjukkerjadalambentukpenugasanmenulisnaskah drama.
Hasilpengolahan data yang didapatdarihasilpenelitianmemperolehnilai rata-rata pre-testadalah77,22denganstandardeviasi5,94. Sedangkan, nilai rata-rata post-testadalah90,73denganstandardeviasi5,15. Dengandemikian, dapatdisimpulkanbahwanilai rata-rata post-testlebihtinggidaripre-test, dengan kata lain adapeningkatanhasilnilai rata-rata siswasetelahpenerapan model pembelajarankooperatiftipeRole Playing.
Pengujianhipotesisdilakukandenganmenggunakanuji “t”. Hasilperhitunganujihipotesisdiperoleht_hitung= 10,15selanjutnyadikonsultasikandengantabel t pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan df1= 2-1, dan df2= 35-2 = 33. Padatabel t dengan df1= 1, df2= 33 diperoleht_tabel= 2,034. Kriteriapengujianmenyatakanbahwa (H_a) diterima jika t_hitung>t_tabelyaitu 10,15> 2,034, makahipotesisalternatifditerima, yang menyatakan model pembelajarankooperatiftipeRole Playingberpengaruhdalammeningkatkanhasilbelajarsiswadalammenulisnaskah drama.
Berdasarkan data di atas, dapatdisimpulkanbahwa model pembelajarankooperatiftipeRole Playingberpengaruhpositifterhadapkemampuanmenulisnaskah drama padasiswakelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaiTahunPembelajaran 2017/2018.