• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Model PembelajaranKooperatifTipeRole PlayingDalamMenulisNaskah Drama olehSiswaKelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaiTahunPembelajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Sarah R. Tambunan.pdf (383.7Kb)
    Date
    2017-07-10
    Author
    Tambunan, Sarah Rosa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruh model pembelajarankooperatiftipeRole Playingterhadapkemampuanmenulisnaskah drama padasiswakelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaiTahunPembelajaran 2017/2018.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaisebanyak 212 orang. Adapunpersentasesampeldiambilsebanyak 16,5% darijumlahkesuluruhansiswayaitu 35 orang, yang diambilsecarapurposive sampling. Metode yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimendengandesainone group pre-test – post-testdesign. Sebuahinstrumendigunakansebagaialatukurdalampenelitianini. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahtesunjukkerjadalambentukpenugasanmenulisnaskah drama. Hasilpengolahan data yang didapatdarihasilpenelitianmemperolehnilai rata-rata pre-testadalah77,22denganstandardeviasi5,94. Sedangkan, nilai rata-rata post-testadalah90,73denganstandardeviasi5,15. Dengandemikian, dapatdisimpulkanbahwanilai rata-rata post-testlebihtinggidaripre-test, dengan kata lain adapeningkatanhasilnilai rata-rata siswasetelahpenerapan model pembelajarankooperatiftipeRole Playing. Pengujianhipotesisdilakukandenganmenggunakanuji “t”. Hasilperhitunganujihipotesisdiperoleht_hitung= 10,15selanjutnyadikonsultasikandengantabel t pada taraf signifikasi 5% (0,05) dengan df1= 2-1, dan df2= 35-2 = 33. Padatabel t dengan df1= 1, df2= 33 diperoleht_tabel= 2,034. Kriteriapengujianmenyatakanbahwa (H_a) diterima jika t_hitung>t_tabelyaitu 10,15> 2,034, makahipotesisalternatifditerima, yang menyatakan model pembelajarankooperatiftipeRole Playingberpengaruhdalammeningkatkanhasilbelajarsiswadalammenulisnaskah drama. Berdasarkan data di atas, dapatdisimpulkanbahwa model pembelajarankooperatiftipeRole Playingberpengaruhpositifterhadapkemampuanmenulisnaskah drama padasiswakelas IX SMP Negeri 1 SeiBingaiTahunPembelajaran 2017/2018.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1039
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback