PENGARUH KUALITAS JASA (BUKTI FISIK, KEANDALAN, DAYA TANGGAP, JAMINAN, EMPATI) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN YANG MENGGUNAKAN JASA GRABBIKE (STUDI KASUS) PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjelaskan pengaruh kualitas jasa (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati) terhadap kepuasan pelanggan dalam menggunakan jasa Grabbike (studi kasus) pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Populasi jasa trasportasi Grabbike pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi Universitas HKBP Nommensen Medan. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis variabel yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan uji-t menunjukkan bahwa keandalan, daya tanggap dan jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Tetapi bukti fisik dan empati berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Uji F menunjukkan secara serentak variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh simultan terhadap kepuasan pelanggan. Analisis koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 58,6% yang berarti variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati sebesar 58,6% sedangkan sisanya 41,4% dijelaskan oleh variabel lain seperti promosi, harga dan orang.
Collections
- Manajemen [992]