Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan
Abstract
Pendahuluan: Tidak cukupnya kualitas tidur dapat menyebabkan kemampuan konsentrasi dapat menurun. Kualitas tidur yang baik dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar karena dapat menjaga memori, konsentrasi, fungsi kognitif, intergrasi sensorimotor. Mahasiswa fakultas kedokteran merupakan kelompok paling tinggi risiko terkena gangguan tidur, karena tuntutan yang lebih besar dalam proses pembelajaran.
Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan.
Metode: Desain penelitian ini bersifat cross sectionalyaitu dengan menilai sampel pada satu waktu tertentu (specific time), observasional analitik dengan memanfaatkan data primer yang didapat langsung dari responden melalui wawancara dan kuisioner Pittsburgh Sleep Quality Index dan uji konsentrasi Stroop Test yang telah tervalidasi.
Hasil: Responden dalam penelitian ini sebanyak 71 orang dengan menggunakan uji Fisher exact dengan hasil tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan (p=0,571).
Kesimpulan: Kualitas tidur terganggu tidak menyebabkan gangguan konsentrasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran HKBP Nommensen Medan.
Collections
- Pendidikan Dokter [415]