HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRES PADA REMAJA KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada tidaknya hubungan intensitas bermain game online dengan tingkat stres pada remaja kota medan. Hubungan yang diajukan dalam penelitian ini menyatakan bahwa ada hubungan positif antara intensitas bermain game online dengan tingkat stres, dengan asumsi bahwa semakin tinggi intensitas bermain game online maka semakin menurun tingkat stres, sebaliknya semakin tinggi intensitas bermain game online maka semakin tinggi juga tingkat stres. Subjek pada penelitian ini adalah 270 remaja kota Medan.
Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala likert dengan aspek-aspek dari variabel sebagai instrumen. Perhitungan dilakukan dengan pengujian persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment melalui SPSS 25 untuk Windows. Berdasarkan kategorisasi intensitas bermain game online sesuai jenis kelamin menemukan hasil laki-laki yaitu 153 orang dalam kategorisasi tinggi terdapat 1 orang (0,7%), pada gender perempuan yaitu 117 orang menemukan hasil pada kategorisasi tinggi 9 orang (7,7%), Dapat disimpulkan pada penelitian ini bahwa laki-laki memiliki intensitas yang lebih besar daripada perempuan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa r=400 dan p=0,000(p<0,05), yang menunjukkan adanya hubungan positif antara intensitas bermain game online dengan tingkat stres pada remaja kota Medan. Dari hasil hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin meningkat intensitas bermain game online maka akan meningkatkan tingkat stres pada remaja kota Medan.
Collections
- Ilmu Psikologi [287]