PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN KELAS VI SD NEGERI 060894 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Video Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen Kelas VI SD Negeri 060894 Medan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen quasi atau eksperimen semu, dengan populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 060894 Medan yang berjumlah 21 orang. Dimana semua populasi diangkat menjadi sampel karena seluruh siswa kelas VI SD Negeri 060894 kurang dari 100 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil perhitungan reliabilitas bahwa untuk variabel X diperoleh r11=0,909 dan untuk variabel Y r11=0,866 maka soal untuk variabel X dan Y adalah tingkat realibilitas sangat tinggi. Untuk uji normalitas variabel (20,01) > tabel (9,488) adalah berdistribusi normal dan variabel > tabel (9,488) adalah berdistribusi normal.
Hasil perhitungan dengan menggunakan uji regresi sederhana dimana Y = 2,76 + 0,48 sehingga terdapat pengaruh yang positif oleh X terhaap Y, setelah dilakukan pengolahan data didapatkan hasil R Square sebesar 0,817 atau 81,7 %, dapat dikatakan bahwa X mampu Menjlaskan Y sebesar 81,7%. Artinya media pembelajaran video dapat memberi pengaruh yang baik untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas VI SD Negeri 060894 Medan. Sehingga diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran video yang dapat meningkatkan pemahaman siswa.