PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI KELAS VIII SMP SWASTA TALITA KUM MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauhmana keterkaitan antara Pengaruh Media Pembelajaran YouTube Terhadap Minat Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Swasta Talita Kum Medan dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan penelitian hipotesis adalah korelasi product moment person dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk variabel X (Pengaruh Media Pembelajaran YouTube) dan variabel Y (Minat Belajar Siswa).
Untuk mengetahui sejauhmana Pengaruh Media Pembelajaran YouTube Terhadap Minat Belajar Siswa, maka digunakan Uji Statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,53
dengan uji determinasi sebesar 28,09% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata (��) = 0,05 maka diadakan uji “t” dengan kriteria pengujian jika ��ℎ���������� yang didapat dari perhitungan lebih besar (>) dari
������������ pada taraf signifikan 1-0.05 dengan dk= n – 2 maka hipotesis diterima dan dalam hal lain ditolak. Dari hasil pengujian diperoleh ��ℎ���������� > ������������ (3,06 > 1,71), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat ditemukan keterkaitan yang berarti antara pengaruh media pembelajaran YouTube terhadap minat belajar siswa di kelas VIII SMP Swasta Talita Kum Medan.