PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 12 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan jumlah sampel 54 peserta didik, dengan teknik pengambilan purposive sampling, kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk essay sebanyak 8 butir soal. Sebelum diberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas, terlebih dahulu dilakukan pretest kelas kontrol untuk mengukur kemampuan awal peserta didik, diperoleh rata-rata hasil belajar dan standar deviasi masing-masing sebesar 10 dan 9,14. Selanjutnya rata-rata skor pretest kelas eksperimen dan standar deviasi masing-masing sebesar 9,8 dan 10. Kemudian kelas eksperimen diberikan perlakuan discovery learning, dan diperoleh rata-rata hasil belajar posttest dan standar deviasi masing-masing sebesar 66,26 dan 14,87, sedangkan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata hasil belajar posttest dan standar deviasi masing-masing sebesar 55,11 dan 17,98. Berdasarkan hasil uji prasyarat data posttest menyatakan bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji-t satu pihak digunakan untuk menguji hipotesis diperoleh bahwa thitung 2,46 dan ttabel 1,67, menyimpulkan Ha diterima yang menyatakan bahwa ada perbedaan rata-rata kedua kelas.
Collections
- Pendidikan Fisika [122]