ANALISIS HUKUM TERHADAP KUALITAS KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 24 TAHUN 2013 TENTANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi Pembuatan E-KTP di Kantor Camat Medan Timur Kota Medan)
Abstract
Peningkatan kualitas pelayanan yang menjadi tuntutan masyarakat harus dipenuhi oleh aparat kecamatan sebagai penyelenggaraan pemerintah di kecamatan. Karena pada dasarnya menerima pelayanan yang memuaskan dari aparat pemerintah merupakan hak yang dimiliki setiap warga masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kualitas kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan e-KTP di Kantor Camat Medan Timur Kota Medan dan bagaimana faktor-faktor penghambat dalam pelayanan pembuatan e-KTP di Kantor Camat Medan Timur Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kinerja pegawai dalam pelayanan pembuatan e-KTP di Kantor Camat Medan Timur Kota Medan yang lebih efektif dalam melaksanakan tugas pelayanan pada kantor dan mengetahui faktor penghambat dalam pelayanan pembuatan e-KTP. Adapun manfaat dari penelitian tersebut yaitu untuk memberikan masukan bagi Pemerintah Kecamatan Medan Timur Kota Medan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pelayanan, khususnya pada pelayanan pembuatan e-KTP.
Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan e-KTP di Kantor Camat Medan Timur Kota Medan terjadi hambatan yang disebabkan oleh server atau jaringan komputer di kantor camat kurang bagus sehingga memperlambat proses pelayanan dalam pembuatan e-KTP di Kantor Camat Medan Timur Kota Medan. Dalam hal pelayanan, dapat dikatakan berkualitas apabila pegawai mampu memberikan pelayanan dengan baik, dapat berinteraksi dengan pelanggan, dan mampu menggunakan sarana dan prasarana yang ada dalam proses pelayanan pembuatan e-KTP. Adapun yang menjadi pendekatan yang dilakukan terkait dengan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yakni dengan melakukan penelitian langsung terhadap objek yang diteliti.
Collections
- Ilmu Hukum [1669]