PENGARUH E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KOTA MEDAN
Abstract
Pendahuluan: Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan kontribusi yang signifikan khususnya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. Hadirnya E-Commerce dapat membantu dan mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperkenalkan produk atau jasa mereka dengan mudah dan serta memperluas jangkauan penjualannya ke banyak daerah sehingga dapat meningkatan pendapatan.
Rumusan Masalah: Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah E-Commerce berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Medan?
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh E-Commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM di Kota Medan.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Tahun 2022 dengan jumlah sampel sebanyak 93 orang pelaku UMKM di Kota Medan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil Penelitian: Dengan nilai R-square sebesar 0,369, hal ini menunjukkan bahwa E-Commerce memberikan pengaruh sebesar 36,9% terhadap peningkatan pendapatan sedangkan sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini .
Collections
- Manajemen [1151]