• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    GRESIA LEDY SINAGA.pdf (356.7Kb)
    Date
    2023-10-24
    Author
    SINAGA, GRESIA LEDY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model Problem-based learning dalam pembelajaran fisika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-eksperimental design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Bamban. Penelitian ini untuk mengukur kemampuan berpikir kritis. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah two group pretes-posttets. Sampel penelitian berjumlah 60 orang peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analaisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan melalui penerapan model pembelajaran problem-based learning, hasil analisis data kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori sangat baik yaitu dengan skor rata-rata 81,67% pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol hasil analisis data kemampuan berpikir kritis peserta didik berada pada kategori baik yaitu dengan skro rata-rata 70,74%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil data Sig , yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H_0 ditolak H_1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/9418
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback