PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, DAYA TARIK IKLAN, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI E-COMMERCE SHOPEE
Abstract
Pendahuluan: Dengan bisnis e-commerce, seorang individu dapat membantu orang dalam berbelanja online. Selain itu, individu di bebaskan dari beban meninggalkan rumah, mengantri dalam membeli kebutuhan. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi semakin tergeser ke arah media online. Fenomena ini juga berkontribusi pada pertumbuhan e-commerce Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan Blibli.
Rumusan Masalah: Bagaimana pengaruh celebrity endorser, daya tarik iklan dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee pada Mahasiswa FEB-UHN Medan?
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, daya tarik iklan, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian di e-commerce Shopee pada Mahasiswa FEB-UHN Medan.
Metode: Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif dan regresi linear berganda. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden pada Mahasiswa FEB-UHN Medan.
Hasil: Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel daya tarik iklan tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, variabel electronic word of mouth berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji parsial (uji-t) menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel daya tarik iklan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel celebrity endorser, daya tarik iklan dan electronic word of mouth secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi R2 bahwa variabel celebrity endorser, daya tarik iklan dan electronic word of mouth dapat menjelaskan keputusan pembelian
Collections
- Manajemen [1151]