PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS JARINGAN INDOSAT IM3 TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KOTA MEDAN
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang bergerak dengan pesat, mengakibatkan adanya tuntutan komunikasi yang lancar untuk menyampaikan berbagai informasi. Dengan adanya tuntutan tersebut membuat perusahaan Indosat IM3 ikut serta bersaing dengan cara berinovasi mengeluarkan berbagai bentuk paket kuota yang relatif lebih murah dibanding dengan provider lain. Adapun rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian kartu Indosat IM3 di Kota Medan?, (2) Bagimanakah pengaruh kualitas jaringan terhadap keputusan pembelian kartu Indosat IM3 di Kota Medan?, (3) Bagaimanakah pengaruh persepsi harga dan kualitas jaringan secara simultan terhadap keputusan pembelian kartu Indosat IM3 di Kota Medan?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mengalisis pengaruh persepsi harga dan kualitas jaringan Indosat IM3 terhadap keputusan pembelian konsumen di Kota Medan secara parsial dan simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah analisi data dilakukan dengan metode Regresi Linear Berganda menggunakan software SPSS versi 23. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden nasabah pengguna kartu Indosat IM3 di Kota Medan. Hasil dari penelitian ini yaitu persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Persepsi harga dan kualitas jaringan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjust R Square yang diperoleh sebesar 0,656 yang berarti 65,6% keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh persepsi harga dan kualitas jaringan, sementara sisanya
34,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]