PENGARUH PROMOSI GRATIS ONGKOS KIRIM DAN METODE PEMBAYARAN SHOPEEPAYLATER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MARKETPLACE SHOPEE PADA MAHASISWA KOTA MEDAN
Abstract
E-commerce telah menjadi tren baru di sektor bisnis terutama bagi kalangan
mahasiswa, namun semakin banyak e-commerce baru yang bermunculan maka dibutuhkanlah cara untuk bersaing mendapatkan konsumen yaitu menggunakan berbagai strategi promosi. salah satu promosi yang bisa dilakukan adalah promosi gratis ongkos kirim yang telah digunakan shopee untuk menarik konsumen. Di sisi lain, ShopeePayLater adalah metode pembayaran inovatif yang dimiliki shopee yang memungkinkan konsumen untuk menunda pembayaran hingga jangka waktu tertentu.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh promosi gratis ongkos kirim terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Kota Medan ? (2) Bagaimana pengaruh metode pembayaran ShopeePayLater terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Kota Medan ? dan (3) Bagaimana pengaruh promosi
gratis ongkos kirim dan metode pembayaran ShopeePayLater terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Kota Medan?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh promosi gratis ongkos kirim dan metode pembayaran ShopeePayLater terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Kota Medan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian sebanyak 100 responden mahasiswa di Kota Medan yang sudah pernah bertransaksi menggunakan metode pembayaran ShopeePayLater.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi gratis ongkos kirim dan metode pembayaran ShopeePayLater berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee pada mahasiswa Kota Medan baik
secara parsial maupun secara simultan.
Collections
- Manajemen [1151]