Mengungkap Konfigurasi dari Gaya Komunikasi YouTuber Terhadap Minat Pembelian: Sebuah pendekatan Asimetris di YouTube Product Review
Abstract
YouTube adalah salah satu platform yang banyak diminati dan terkenal untuk orang-orang berinteraksi berbagi informasi. Penelitian ini berusaha menyingkap konfigurasi dari gaya komunikasi YouTuber pada outcome niat beli tinggi dan niat beli rendah. Dengan mengamati lima konstruk: transparency, parasocial interaction, informativenes, perceveid enjoyment, dan credibility. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan fuzzy set Qualitative Comparaive Analysis (fsQCA) dengan jumlah responden sebanyak 311. Berdasarkan hasil fsQCA terdapat empat konfigurasi pada purchase intention yang tinggi yaitu konfigurasi pertama ketika transparency, informativenes, dan perceveid enjoyment dengan kondisi presence akan membentuk purchase intention tinggi. Konfigurasi kedua ketika transparency, parasocial interaction, dan informativenes dengan kondisi presence membentuk purchase intention tinggi. Konfigurasi kelima yaitu ketika transparency, parasocial interaction, perceveid enjoyment, dan credibility membentuk purchase intention tinggi. Terakhir konfigurasi keenam yaitu ketika parasocial interaction, informativenes, perceveid enjoyment, dan credibility membentuk purchase intention tinggi. Kemudian berdasarkan hasil fsQCA juga konfigurasi yang menciptakan purchase intention yang rendah konfigurasi ketiga dimana ketidakhadiran parasocial interaction serta credibility dalam kondisi don’t care akan menghasilkan purchase intention yang rendah. Hasil penelitian ini akan memberikan kontribusi secara teoritis dan praktis bagi peneliti maupun pemasar untuk memanfaatkan platform media sosial Youtube sebagai alat pemasaran.
Collections
- Manajemen [1151]