• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Hukum
    • Ilmu Hukum
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Hukum
    • Ilmu Hukum
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN BLIBLI (E- COMMERCE) YANG DIRUGIKAN AKIBAT MENERIMA PRODUK YANG BERBEDA DARI YANG DISEPAKATI

    Thumbnail
    View/Open
    CHRIST LAURENCIA ARITONANG.pdf (242.6Kb)
    Date
    2022-12-16
    Author
    ARITONANG, CHRIST LAURENCIA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi ini membahas mengenai perlindungan hukum terhadap konsumen blibli (e-commerce) yang dirugikan akibat menerima produk yang berbeda dari yang disepakati, dengan tujuan mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen dalam e-commerce blibli yang dirugikan akibat menerima produk yang berbeda dari yang disepakati serta tanggungjawab blibli (e-commerce) terhadap konsumen yang dirugikan akibat menerima produk berbeda dari yang disepakati. Dalam melakukan penelitian, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis normatif, yang artinya permasalahan yang diteliti berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada dan literatur-literatur yang ada kaitannya dengan permasalahan. Pengumpulan data melakukan metode kepustakaan yang dianalisis dengan metode analisis data yuridis deskriptif. Setelah diperoleh hasil penelitian, di tarik kesimpulan bahwa perlindungan hukum kepada konsumen yang menerima produk berbeda dengan yang disepakti antara lain, yaitu perlindungan preventif dan represif. Tanggungjawab blibli jika terjadi wanprestasi dengan cara melakukan klaim refund atau pengembalian dana jika barang tersebut terbukti tidak sesuai dengan pesanan pembeli. Untuk melakukan klaim refund atau pengembalian dana, pembeli terlebih dahulu haruslah membuat permintaan pengembalian barang kepada blibli dengan cara mengisi formulir pengembalian barang. Setelah diperoleh kesimpulan, maka diperoleh saran yaitu diharapkan agar pemerintah ke depannya mengamanatkan suatu peraturan yang lebih condong dalam melakukan penyelesaian sengketa konsumen melalui jalur non litigasi, yaitu penyelesaian melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen). Kemudian diharapkan agar adanya perubahan terhadap putusan BPSK menjadi putusan yang bersifat final dan mengikat bagi para pihaknya sehingga masyarakat tertarik menyelesaikan sengketa melalui BPSK. Serta ke depannya pihak blibli menyediakan layanan keluhan pelanggan secara offline dimana blibli mempunyai official centre di masing-masing kota.
    URI
    https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/8267
    Collections
    • Ilmu Hukum [1700]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback