PENGARUH DESAIN PRODUK, EKUITAS MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DI MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh desain produk, ekuitas merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung di Medan. Hasil penelitian ini diperoleh dari 100 orang responden dengan menggunakan metode non probabling sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan penyebaran kuesioner.
Dimana dalam hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persamaan regresi sebagai berikut: Y=13.630 + 0,456X1 + 0,249X2 + 0,002X3 + e. Secara parsial desain produk berpengaruh signifikan sebesar (0,000), untuk ekuitas merek berpengaruh signifikan sebesar (0,002), untuk persepsi harga tidak berpengaruh signifikan sebesar (0,979) terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung. Dengan menggunakan Uji Simultan (uji F) diketahui bahwa desain produk, ekuitas merek, dan persepsi harga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung di Kota Medan dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Dan Determinasi R2 dimana dapat disimpulkan bahwa variabel desain produk, ekuitas merek, dan persepsi harga dapat memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0,347 atau 34,7% sedangkan sisanya 65,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya : diskon, kualitas produk, dan lainnya.
Collections
- Manajemen [1191]