PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN PENGETAHUAN BERWIRAUSAHA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN
Abstract
Besarnya jumlah pengangguran semakin meningkat tidak diikutin dengan luasnya kesempatan untuk bekerja. Membuka lapangan pekerjaan menjadi solusi terbaik dari ketatnya persaingan mencari pekerjaan. Maka dari itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial dan pengetahuan berwirausaha terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hkbp Nommensen Medan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 86 responden Mewakilin Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Stambuk 2018. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda untuk menguji seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel tidak bebas.
Berdasarkan hasil penelitian secara persial menunjukkan variabel media sosial dan pengetahuan berwirausaha terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai t-hitung media sosial 3,338 dan t-hitung pengetahuan berwirausaha 3,743 dimana masing-masing lebih besar dari nilai t-tabel sebesar 1,663. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa variabel media sosial dan pengetahuan berwirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai F-hitung 19,738 > nilai F-tabel 2,175. Dengan nilai koefisien Determinan sebesar 32,2% dan sisanya 67,8% diperjelas oleh variabel lain diluar model.
Collections
- Manajemen [1028]