PENGARUH BRAND IMAGE DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MINUMAN XIE XIE BOBA DI KOTA MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh brand image dan word of mouth terhadap keputusan pembelian produk minuman Xie Xie Boba di Kota Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Xie Xie Boba di Kota Medan yang pernah membeli produk minuman Xie Xie Boba. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Hair et. al. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Berdasarkan uji parsial (uji t) untuk brand image diperoleh nilai signifikansi 0,000
< α 0,05 maka dinyatakan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel word of mouth diperoleh nilai signifikansi 0,000 < α 0,05 maka dinyatakan bahwa word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan uji simultan (uji F) (simultan) diperoleh nilai signifikansi 0,000 < α 0,05 maka menyatakan bahwa variabel brand image dan word of mouth secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan Koefisien Determinasi (R2) sebesar 71,2%, yang artinya seluruh variabel brand image dan word of mouth memberikan kontribusi terhadap variabel keputusan pembelian dan sisanya 28,8% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]