FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI SWALAYAN MAJU BERSAMA (STUDI KASUS MAJU BERSAMA MMTC MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Swalayan Maju Bersama MMTC. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Dari hasil uji analisis regresi berganda variabel produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi 0,299. Persepsi harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi -0.106. Promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan koefisien regresi 0,100. Lokasi berpengaruh positif dengan koefisien regresi 0,440 terhadap keputusan pembelian.Selanjutnya pelayanan berpengaruh positif dengan koefisien regresi 0,131 terhadap keputusan pembelian. Dari hasil uji parsial variabel produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel persepsi harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian . Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi, lokasi, dan pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Maju Bersama MMTC. Besarnya koefisien determinasi (R2) variabel variabel produk, harga, promosi, lokasi, dan pelayanan dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 0,636 atau 63,6% sedangkan sisanya 0,364 atau 36,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1151]