PENGARUH KUALITAS SISTEM INFORMASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG PT POS INDONESIA (Studi kasus pada kantor cabang PT Pos Indonesia Tanjung Balai)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas sistem informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman barang PT Pos Indonesia Tanjung Balai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 65 responden dengan menggunakan Probability sampling. Penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Parsial, Uji Simultan Dan Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian persamaan regresi diketahui kualitas sistem informasi mempunyai pengaruh positif dengan koefisien sebesar 0,314 dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,293. Berdasarkan hasil uji parsial (t) bahwa kualitas sistem informasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung sebesar
2,642 ttabel 1,669. Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan thitung sebesar 3,544 ttabel 1,669. Berdasarkan hasil Uji
Simultan (F) bahwa kualitas sistem informasi dan kualitas pelayanan secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai
Fhitung 122,628 Ftabel 3,14. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2) sebesar
79,8% dan sisanya 20,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Collections
- Manajemen [1007]