• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 4 Medan Oleh

    Thumbnail
    View/Open
    EKA NOTASYA SIMANULLANG.pdf (403.2Kb)
    Date
    2022-11-21
    Author
    SIMANULLANG, EKA NATASYA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan yang berjumlah 346 orang. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 soal pilihan berganda yang telah di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Sebelum dilakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat menggunakan uji Lilliefors dan uji F serta diperoleh bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Pada perhitungan uji hipotesis untuk data pretest menggunakan uji-t dua pihak dengan α = 0,05 diperoleh thitung = -0,26 dan ttabel = 1,9994. Dengan thitung < ttabel maka H0 diterima artinya bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen sama dengan kemampuan awal siswa pada kelas kontrol sebelum diberi perlakuan. Selanjutnya diberikan perlakuan berbeda kepada kedua kelas dan dilakukan uji hipotesis data posttest menggunakan uji-t satu pihak. Dari hasil perhitungan uji-t satu pihak untuk α = 0,05 diperoleh thitung = 2,07 dan ttabel = 1,6697. Dengan thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Medan. Untuk melihat hubungan antara masing-masing variabel digunakan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linear sederhana yaitu = 15,79 + 0,78X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Medan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7739
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback