• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Fisika
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BORBOR

    Thumbnail
    View/Open
    WINDA M. SILABAN.pdf (333.1Kb)
    Date
    2022-11-14
    Author
    SILABAN, WINDA M.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik SMP Negeri 1 Borbor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskrikriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Borbor yang berjumlah 81 orang berdasarkan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes literasi sains level HOTS berbentuk pilihan ganda dan essai yang disusun berdasarkan indikator literasi sains. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan nilai rata-rata kemampuan literasi sains peserta didik sebesar 38% dalam kategori rendah. Hasil penelitian dibedakan menjadi beberapa indikator, indikator mengidentifikasi pendapat ilmiah yang valid 17,5%, indikator melakukan penelusuran literatur yang efektif 16,1%, indikator memahami elemen-elemen desain penelitian dan bagaimana dampaknya terhadap temuan/kesimpulan 18,5%, indikator membuat grafik secara tepat dari data 22,3%, indikator memecahkan masalah menggunakan keterampilan kuantitatif, termasuk statistik dasar 11,4%, indikator memahami dan menginterprestasikan statistik dasar 9,93% dan indikator melakukan inferensi, prediksi dan penarikan kesimpulan berdasarkan data kuantitatif 11,5%. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan pada setiap indikator dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik tergolong rendah. Faktor ini yang menyebabkan rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik diantaranya adalah miskonsepsi, pembelajaran yang tidak kontekstual, kurangnya literasi membaca, sistem pembelajaran hanya berpusat pada guru, pemilihan buku ajar, kebiasaan belajar, kurangnya bimbingan dari guru maupun orang tua dalam kegiatan belajar peserta didik.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7639
    Collections
    • Pendidikan Fisika [122]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback