PENGARUH BRAND IMAGE DAN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SHAMPOO PANTENE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan)
Abstract
Keputusan pembelian merupakan salah satu faktor yang cukup penting dalam pengembangan suatu perusahaan. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh banyak faktor dan salah satunya brand image dan advertising. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand image dan advertising terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 3 instrumen variabel yaitu brand image (X1), advertising (X2), dan keputusan pembelian (Y). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden. Dalam penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai media dalam mengumpulkan data yang diolah oleh peneliti.
Hasil dari penelitian ini adalah brand image secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene, advertising secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene dan brand image dan advertising secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa brand image dan advertising mampu menjelaskan keputusan pembelian shampoo Pantene sebesar 18,2%.
Dengan hasil ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi perusahaan ke depannya untuk terus dapat meningkatkan keputusan pembelian melalui kualitas produk yang lebih maksimal kedepannya.
Collections
- Manajemen [1151]