• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    • Ilmu Administrasi Negara
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi kasus Kantor Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara)

    Thumbnail
    View/Open
    BASTIAN ARIANTO SITOMPUL.pdf (218.1Kb)
    Date
    2022-11-10
    Author
    SITOMPUL, BASTIAN ARIANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan camat Pahae Jae dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Camat Pahae Jae. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriktif dan pengumpulan data yang bersumber dari data primer yaitu observasi dan wawancara dan dari data sekunder yaitu dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa peranan kepemimpinan camat Pahae Jae sangat dirasakan betul dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, meskipun tidak langsung turun dalam kepengurusan, motivasi serta masukan yang diberikan disetiap rapat atau tiap pertemuan merupakan bentuk perhatian yang baik dan kewajiban positif yang memang seorang atasan kepada bawahannya.Begitu pula dengan pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Pahae Jae sudah cukup memadai, dimana terdapat prosedur pelayanan yang jelas dalam mengurus urusan administrasi dan juga petugas pelayan memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta tanggap untuk membantu masyarakat apabila tidak memahami syarat yang dimaksud dalam mengurus urusan administrasi. Hanya saja memang selalu ada kendala yang miliki ketika melayani masyarakat, seperti ketidaktepatan waktu penyelesaian KTP. Hal ini sering terjadi karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang belum mengantar KTP ke Kantor Kecamatan Pahae Jae. Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapakan Kantor Camat Pahae Jae melakukan evaluasi kinerja dari pelaksanaan pelayanan yang dilakukan dan keseriusan dalam menyediakan fasilitas yang belum tersedia sebagai pendukung pelayanan.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7584
    Collections
    • Ilmu Administrasi Negara [306]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback