Show simple item record

dc.contributor.authorSITOMPUL, BASTIAN ARIANTO
dc.date.accessioned2022-11-10T07:48:00Z
dc.date.available2022-11-10T07:48:00Z
dc.date.issued2022-11-10
dc.identifier.urihttp://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7584
dc.description.abstractTujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kepemimpinan camat Pahae Jae dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Camat Pahae Jae. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif deskriktif dan pengumpulan data yang bersumber dari data primer yaitu observasi dan wawancara dan dari data sekunder yaitu dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah dapat disimpulkan bahwa peranan kepemimpinan camat Pahae Jae sangat dirasakan betul dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan, meskipun tidak langsung turun dalam kepengurusan, motivasi serta masukan yang diberikan disetiap rapat atau tiap pertemuan merupakan bentuk perhatian yang baik dan kewajiban positif yang memang seorang atasan kepada bawahannya.Begitu pula dengan pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Pahae Jae sudah cukup memadai, dimana terdapat prosedur pelayanan yang jelas dalam mengurus urusan administrasi dan juga petugas pelayan memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta tanggap untuk membantu masyarakat apabila tidak memahami syarat yang dimaksud dalam mengurus urusan administrasi. Hanya saja memang selalu ada kendala yang miliki ketika melayani masyarakat, seperti ketidaktepatan waktu penyelesaian KTP. Hal ini sering terjadi karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang belum mengantar KTP ke Kantor Kecamatan Pahae Jae. Adapun saran dalam penelitian ini adalah diharapakan Kantor Camat Pahae Jae melakukan evaluasi kinerja dari pelaksanaan pelayanan yang dilakukan dan keseriusan dalam menyediakan fasilitas yang belum tersedia sebagai pendukung pelayanan.en_US
dc.subjectPeranan,en_US
dc.subjectKepemimpinan,en_US
dc.subjectKualitas,en_US
dc.subjectPelayananen_US
dc.titlePERANAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi kasus Kantor Kecamatan Pahae Jae Kabupaten Tapanuli Utara)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record