• Login
    View Item 
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    •   Home
    • Student Papers
    • Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    • Pendidikan Bahasa Indonesia
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI BERITA

    Thumbnail
    View/Open
    SRI DEVI Br. SIAHAAN.pdf (186.9Kb)
    Date
    2022-06-10
    Author
    Br. SIAHAAN, SRI DEVI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Talking Stick terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita, seta mendeskripsika perbandingan model lain terhadap menyimpulkan isi berita Penelitian ini menggunakan pendekatan keperpustakaan. Sumber data yang menjadi bahan akan penelitian ini berupa buku, jurnal, dan tulisan-tulisan ilmiah yang terkait dengan topik yang telah dipilih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal – hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2012:67), analisis dibagi menjadi beberapa tahap yaitu sebagai berikut: Reduksi; Penyajian data dilakukan untuk menampilkan data yang sudah direduksi ke dalam bentuk grafik, chart, dan lainnya; Penarikan kesimpulan atau conclusion. Simpulan penelitian ini adalah yaitu yang pertama Penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil penelitian eksperimen. Nomi (2020) melaksanakan penelitian eksperimen di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan, dengan penerapan model Talking Stick dalam pembelajaran materi pembelajaran menyimpulkan isi berita. Dia menggunakan desain eksperimen posttest-onlycontrol design. Dengan penggunaan desain eksperimen posttest-onlycontrol design tersebut, dia melakukan penelitian di dua kelas, adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian adalah sebanyak 50 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas control. Sampel penelitian tersebut diperoleh dengan cara mengacak dari populasi 4 kelas. Artinya, setelah dia melaksanakan perlakuan penerapan model Talking Stick, dia melakukan postest atau ujian setelah dia melaksanakan perlakuan; ke dua Ketercapaian Hasil Pembelajaran Dengan Penggunaan Model Talking Stick Dalam Pembelajaran Menyimpulkan Isi Berita. Rina (2017:60) menggunakan instrument penelitian bentuk penugasan. Kalimat penugasan yang digunakan adalah “Tulislah dalam bentuk kalimat simpulan yang menggambarkan berita tentang banjir Jakarta yang telah kamu dengarkan”. Dari hasil tulisan murid tersebut, aspek yang dinilai adalah Kalimat singkat yang berisi simpulan dari berita yang di dengarkan. Murid tersebut memperoleh hasil pretest berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 60,50. Nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 80 setelah dilakukan posttest memperoleh hasil dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 76,93 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 93.
    URI
    http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/6944
    Collections
    • Pendidikan Bahasa Indonesia [514]

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback
     

     

    Browse

    All of Repository UHNCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Repository UHN copyright © 2018  UHN-OFFICIAL
    Contact Us | Send Feedback