dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model Talking Stick terhadap kemampuan menyimpulkan isi berita, seta mendeskripsika perbandingan model lain terhadap menyimpulkan isi berita
Penelitian ini menggunakan pendekatan keperpustakaan. Sumber data yang menjadi bahan akan penelitian ini berupa buku, jurnal, dan tulisan-tulisan ilmiah yang terkait dengan topik yang telah dipilih. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal – hal atau variabel yang berupa catatan, buku, makalah atau artikel, jurnal dan sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Menurut Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2012:67), analisis dibagi menjadi beberapa tahap yaitu sebagai berikut: Reduksi; Penyajian data dilakukan untuk menampilkan data yang sudah direduksi ke dalam bentuk grafik, chart, dan lainnya; Penarikan kesimpulan atau conclusion.
Simpulan penelitian ini adalah yaitu yang pertama Penggunaan model pembelajaran Talking Stick dapat mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil penelitian eksperimen. Nomi (2020) melaksanakan penelitian eksperimen di SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan, dengan penerapan model Talking Stick dalam pembelajaran materi pembelajaran menyimpulkan isi berita. Dia menggunakan desain eksperimen posttest-onlycontrol design. Dengan penggunaan desain eksperimen posttest-onlycontrol design tersebut, dia melakukan penelitian di dua kelas, adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian adalah sebanyak 50 orang, 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas control. Sampel penelitian tersebut diperoleh dengan cara mengacak dari populasi 4 kelas. Artinya, setelah dia melaksanakan perlakuan penerapan model Talking Stick, dia melakukan postest atau ujian setelah dia melaksanakan perlakuan; ke dua Ketercapaian Hasil Pembelajaran Dengan Penggunaan Model Talking Stick Dalam Pembelajaran Menyimpulkan Isi Berita. Rina (2017:60) menggunakan instrument penelitian bentuk penugasan. Kalimat penugasan yang digunakan adalah “Tulislah dalam bentuk kalimat simpulan yang menggambarkan berita tentang banjir Jakarta yang telah kamu dengarkan”. Dari hasil tulisan murid tersebut, aspek yang dinilai adalah Kalimat singkat yang berisi simpulan dari berita yang di dengarkan. Murid tersebut memperoleh hasil pretest berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 60,50. Nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 80 setelah dilakukan posttest memperoleh hasil dengan kategori baik dengan nilai rata-rata 76,93 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 93. | en_US |