PENGARUH BRAND IMAGE DAN BRAND EQUITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ERIGO (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara brand image dan brand equity baik secara bersama – sama maupun secara parsial dalam mempengaruhi keputusan pembelian produk Erigo pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan stambuk 2018.
Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 100 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas HKBP Nommensen Medan stambuk 2018 secara purposive dengan kriteria mahasiswa yang telah mengenal, membeli, dan menggunakan produk Erigo.
Berdasarkan hasil uji-t yang dihasilkan dapat diketahui dengan nilai signifikan dari brand image 0,010 < 0,05 dan nilai signifikan dari brand equity 0,000 < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa variabel brand image dan brand equity berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian dalam uji F dalam penelitian ini menunjukkan nilai sig.F sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa brand image dan brand equity secara bersama – sama memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Nilai R Square pada penelitian ini adalah sebesar 0,706. Hal ini berarti bahwa sebesar 70,6% keputusan pembelian dipengaruhi oleh brand image (X1) dan brand equity (X2). Sedangkan sisanya sebesar 29,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Collections
- Manajemen [1151]