PENGARUH KUALITAS PELAYAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PUSAT JAJANAN MEDAN NIGHT MARKET)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pusat jajanan Medan Night Market, (2) pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pusat jajanan Medan Night Market, (3) pengaruh kualitas pelayanan dan produk terhadap kepuasan konsumen Medan Night Market. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pusat jajanan Medan Night Market. Ukuran sampel yang diambil adalah 110 responden ditentukan dengan rumus Hair et al. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling tepatnya dengan pendekatan accidental sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen yang sedang makan atau minum di pusat jajanan dan dipandang cocok sebagai sampel. Data yang dikumpulkan melalui observasi, angket, serta studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan regresi linear berganda.
Hasil regresi linier berganda yaitu Y= 0,225 + 0,195X1 + 0,284X2+ e, menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki nilai koefisien yang paling besar artinya variabel kualitas produk memiliki pengaruh yang lebih kuat dari variabel kualitas pelayanan, berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa: (1) Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pada pusat jajanan Medan Night Market yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (3,237>1,982) dengan signifikansi 0,00. (2) Secara parsial kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pusat jajanan Medan Night Market dengan nilai thitung>ttabel (6,176>1,982) dengan signifikansi 0,000. (3) Secara simultan kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen pusat jajanan Medan Night Market yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (56,036>3,08) dengan signifikansi 0,000, dengan uji koefisien determinasi dengan nilai R square adalah 0,502%.
Collections
- Manajemen [1002]