PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA (STUDI KASUS TAMAN BUNGA SAPO JUMA TONGGING KARO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan wisatawan pada Taman Bunga Sapo Juma Tongging Karo. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang responden. Dari hasil uji analisis regresi berganda variabel product berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan sebesar 0,155, variabel price berpengaruh negatif terhadap kepuasan wisatawan sebesar -0,035, dan variabel place berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan sebesar 0,015 variabel promotion berpengaruh positif sebesar 0,056 terhadap kepuasan wisatawan, variabel people berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan sebesar 0,098 variabel process berpengaruh negatif sebesar -0.098, dan variabel phisical evidence berpengaruh positif sebesar 0,852 terhadap kepuasan wisatawan. Dari hasil uji parsial (t) variabel product berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, variabel price berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dan variabel place berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan, variabel promotion berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan, people berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan variabel process berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dan variabel phisical evidence berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Dari hasil uji f bauran pemasaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (R2) variabel produk, price, place, promotion, proses, people, dan physical evidence dapat menjelaskan kepuasan wisatawan sebesar 0,784 atau 78,4% sedangkan sisanya 0,216 atau 21,6% dijelaskanoleh variabel lain yang tidak teliti.
Collections
- Manajemen [1191]